Belajar PHP – Membuat Database Dan Tabel

Kita sudah memperlajari membuat website secara offiline. Dan sebelum mempelajari membuat website media social dengan PHP dan Mysql ( Baca: Web developer ). Ada baiknya kita pelajari dulu cara membuat database di website nanti. Karena database ini dijadikan sebagai halaman depan nanti agar terlihat menjadi serba otomatis. Karena dengan format html halaman web kita tidak bisa melakukan aktifitas antar admin dan user. Karena sifatnya html hanya kaku tidak bisa berinteraksi dengan pengguna dalam kata lain hanya antar muka saja. Sekarang saatnya kita belajar bagaimana membuat database di XAMPP yang akan kita tampilkan di index menggunakan php nanti.

Hal yang pertama kita harus menjalankan xampp terlebih dahulu dengan cara men runningkan Apache, dan MySql pada aplikasi Xampp. Lihat gambar dibawah ini :

Diasumsikan Anda sudah bisa menjalankan aplikasi XAMPP. Sehingga sekarang komputer Anda sudah bisa dijadikan server. Oia, jangan lupa untuk memastikan bahwa aplikasi XAMPP bisa berjalan dengan baik ya. Cek kembali dengan mengetik http://localhost/xampp di browser, lalu cek status. Detilnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Membuat Database dan User di XAMPP

Sebelum kita membuat website media sosial dengan Php, kita harus membuat database dan user terlebih dahulu. Ini harus kita lakukan karena website jejaring sosial dengan php merupakan aplikasi website yang membutuhkan database untuk menyimpan data-data yang kita gunakan.

  1. Pertama-tama kita harus masuk ke phpmyadmin di XAMPP. Ketik di browser alamat http://localhost/phpmyadmin sehingga muncul tampilan seperti ini
  2. Pada menu Database, silahkan masukkan nama database yang diinginkan, kemudian klik Create. Ingat-ingat nama database tersebut ya, karena kita akan menggunakannya nanti. Jika perlu, tuliskan di aplikasi notepad supaya mudah bagi kita untuk mengingatnya. NB: Di sini saya menggunakan nama database “study-newbie“. 
  3. Pada database “study-newbie” kita buat table dengan nama “latihan” karena database harus punya entitasnya. Seumpamanya database adalah laptop maka table adalah bagian-bagian dari laptop. Perhatikan gambar dibawah ini.
  4. Jika sudah menentukan nama table dan jumlah kolom table tersebut maka kita harus memberikan nama atribut didalam kolom yang kita tentukan jumlahnya tadi. Jika masih kurang anda dapat menambahnya di menu “tambah kolom” disamping nama table . Perhatikan gambar.
  5. Setelah selesai maka table akan tertera didalam halaman utama database kita “study-newbie”. Begitu juga jika anda ingin menambah lagi tabel lainnya anda bisa mengikuti langkahnya cukup dari nomor 3 ya.

Ya, langkah membuat database dan tabel dengan XAMPP di phpmyadmin sudah selesai. Sekarang database “study-newbie” sudah memiliki tabel “latihan” yang siap untuk di isi oleh script syntax mysql yang bisa proses oleh php ataupun program desktop seperti delphi. Dan secara default, aplikasi XAMPP mempunyai default server hostingnya “127.0.0.1” atau “localhost” dan user bernama “root” tanpa password (kosong). Jika kita hendak menggunakan user tersebut juga tidak masalah. Namun ada baiknya kita gunakan user sendiri.

Jika artikel ini bermanfaat untuk anda silahkan share di bagian laman bawah dan jangan lupa komentar pada artikel ini. Salam dengan se gudang tutorial berikutnya.

Regard,

Pemula Belajar

Recent Tags:

Belajar PHP – Membuat Database Dan Tabel | Andi Mariadi | 4.5

Leave a Reply