Belajar PHP – Membuat Website Jejaring Sosial

Membuat website jejaring social dengan PHP MySq

Sebelumnya kita sudah mempelajari Cara Membuat Website di localhost dengan style kita sendiri. Ya, website yang kita buat sebelumnya hanya konsep sederhananya saja. Sekarang kita implementasikan jika sebuah website sebagai kertas kosong dan dimana konten yang ada didalamnya adalah tulisan dari kertas itu maka website yang kita buat sebelumnya ( Baca : Cara membuat website localhost ) adalah kertas kosong yang perlu diisi.

Tentu saja kita dapat mengisinya dengan menulis kalimat yang akan kita sampaikan langsung di index.html tersebut. Dan sekali lagi itu sangat merepotkan kita harus mengetiknya dengan kode html juga misalnya menggunakan kode paragraph pada html maka menulisnya dengan <p> ….. </p> jika menulis enter di html menggunakan <br /> sangat merepotkan bukan ?

Belum lagi jika kita ingin merubah ataupun menambah tulisan yang ada didalam harus membuka file root dari website tersebut ( Baca : Hosting di localhost ) yang tentu saja sangat merepotkan kita. Ditambah lagi file index.html akan bertambah ukuran filenya jika kita menambah data didalam file index.html tersebut.

Solusi agar tidak repot menambah konten di website ?

Solusinya anda dapat memakai koding yang diatur agar dapat menambahkan data yang anda tulis kedalam database dan langsung menampilkannya kedalam index.html tersebut. Sangat mudah bukan dibanding dengan anda harus membongkar isi koding index.html.

Disini saya akan merekomendasikan cara menggunakan Php dan Mysql karena saya rasa itu sangat mudah digunakan untuk pemula sampai ke professional. Kita akan mempelajari cara menggunakan Php agar nampak seperti media social lainnya konsepnya sangat sederhana saja.

Sebelum memulai membuat koding dari php terlebih dahulu kita harus memikirkan data apa yang akan kita isikan didalam website tersebut, disini cara membuat website jejaring social saya akan memberikan contoh database saja jika anda menginginkan lebih, bisa mengaturnya sendiri sesuka anda.

Pertama. Saya memikirkan, harus ada pengguna didalam web maka tabelnya akan saya buat adalah hal yang menandakan kumpulan pengguna (ingat jangan menggunakan spasi), sebagai contoh :

tb_user 

Kedua, harus ada timeline atau dengan kata lain status dari pengguna, seperti halnya dengan pengguna kita harus membuat nama tabel agar mudah dikenali. Sebagai contoh :

tb_timeline 

Sementara ini, cukup menggunakan 2 tabel saja seterusnya bisa kita kembangkan lagi sesuai keinginan kita nanti. Pastinya akan saya beri tutorialnya.

Jadi sekarang kita mempunyai 2 tabel yaitu tb_user dan tb_timeline lalu langkah yang akan kita lakukan selanjutnya adalah mengisi table tersebut dengan atribut yang kita inginkan. Saya beri contoh :
Untuk, tb_user saya isi dengan :

  • no_user (PK) (AI)
  • nama ( varchar (40))
  • email ( varchar (40))
  • sandi ( varchar (40))
  • alamat ( text )
  • tentang (text )

Untuk, tb_timeline saya isikan dengan :

  • id_timeline (PK) (AI)
  • no_user (FK) (int)
  • status (text)
  • tanggal (date)

Di atas hanya untuk contoh pembuatan atribut anda bisa menambah atribut dengan sesuka anda tapi ingat penambahan atribut berarti anda harus menambah kode insertnya didalam php nanti.

Jika kita sudah mendapatkan konsep apa saja yang akan kita buat didalam index nanti maka hal yang kita kerjakan sekarang adalah membuat database dengan nama “mediasosial” didalam localhost sendiri. Baca : Cara membuat database dengan xampp

Saya anggap anda sudah membuat database dengan nama “mediasosial” tersebut. Berikutnya kita akan membuat tabel di dalam database “mediasosial” tersebut. Isi dari database “mediasosial” adalah isi dari konsep kita diatas ( tb_user, tb_timeline ) Baca : Cara membuat tabel dengan xampp

Update : Belajar PHP – Membuat Website Jejaring Sosial part 2

Sekian tahap pembuatan database untuk cara membuat website jejaring social selanjutnya kita akan memulai tahap pembuatan index.php jadi kunjungi terus blog saya dengan se gudang tutorial website.

Regard,

Pemula Belajar

Recent Tags:

Belajar PHP – Membuat Website Jejaring Sosial | Andi Mariadi | 4.5

Leave a Reply