Belajar Web – Membuat Website Localhost

Tutorial tentang “Cara Membuat Website Localhost Menggunakan HTML / PHP“. Cara dibawah ini adalah rangkuman dari beberapa website tutorial yang telah dipilih agar gampang dipelajari.

Apakah Website Itu ?

Website adalah sebuah media online yang berfungsi menampilkan berbagai informasi, baik informasi berupa teks, gambar atau video. Banyak sekali orang yang berkeinginan membuat website, namun keterbatasan sumber dan pengetahuan, membuat beberapa orang mengurungkan niat membuat website personal. “Cara Membuat Website Localhost Menggunakan HTML / PHP” kali ini akan mengupas tuntas bagaimana membuat website dengan menggunakan text editor biasa, recommeded sublime text editor. Di karenakan kita berencana membuat website yang berdiri sendiri dalam hosting kita maka beberapa hal perlu di persiapkan sebelum melanjutkan tutorial.

1. Hosting
2. Domain

Melihat dua item diatas, teman-teman mungkin bingung darimana harus mendapatkan hosting dan domain, Secara yang kita ketahui, hosting dan domain harus kita dapatkan dengan cara menyewa ke layanan hosting dan domain. Sebagai solusinya agar tutorial cara membuat website ini tidak terhambat maka kita akan menggunakan hosting yang berada pada komputer kita sendiri, atau sering disebut sebagai localhost. Kemudian nama folder yang ada di localhost akan kita gunakan sebagai pengganti nama domain. Sedangkan source wordpress dapat kita ambil dari website resmi wordpress secara gratis.
Berikut sub bahasan yang akan kita pelajari dalam tutorial membuat website personal.

  • Cara membuat hosting di localhost

Cara Membuat hosting di localhost

Untuk melakukan instalasi hosting di localhost, terlebih dahulu Anda harus mengambil atau mendownload aplikasi xampp sebagai software yang akan menjadi server kamu. Klik link di sini untuk mendapatkan software xampp.
Setelah Anda mendapatkan software xampp, Anda dapat melanjutkan dengan melakukan instalasi software. Caranya cukup klik dua kali software xampp. Lalu ikuti panduan wizard yang diberikan oleh software hingga selesai.

instal xampp

Anggap Anda telah selesai melakukan instalasi xampp di komputer kamu, mari kita lanjutkan tutorial membuat website. Buka browser kesayangan Anda seperti mozilla firefox, atau google chrome. Di kotak url address browser Anda ketikkan. http://localhost. Jika instalasi xampp Anda sukses, maka akan tampil dibrowser Anda seperti gambar dibawah ini.

localhost

Lanjut pada sesi dimana Anda harus membuat sebuah folder yang berfungsi untuk mengganti nama domain. Caranya seperti ini, masuk ke direktori c komputer kamu, lalu klik pada folder xampp, setelah itu klik kembali pada folder htdocs. Setelah Anda berada didalam folder htdocs, buatlah satu folder baru dengan nama yang Anda inginkan. misalnya untuk tutorial ini kita namakan study-newbie. Ingat nama yang Anda gunakan tidak boleh ada spasi antara katanya. Kemudain di lanjutkan dengan mencoba mengakses folder yang sudah Anda buat dengan mengetikkannya di browser Anda seperti ini http://localhost/study-newbie.

Jika Anda sukses maka akan tampil index tanpa files di browser kamu. Hal ini menandakan bahwa folder Anda belum terisi oleh files apapun.

Selanjutnya anda bisa membaca di “Cara Membuat Website Localhost Menggunakan HTML / PHP – part 2

Recent Tags:

Belajar Web – Membuat Website Localhost | Andi Mariadi | 4.5

Leave a Reply