Hasil Investigasi MotoGP Sepang 2015

Beberapa hari ini tren MotoGP di situs google telah mencapai “1.000.000+ penelusuran” hanya dalam satu hari saja, menakjubkan pemirsa, mengalahkan dengan trending Persib Juara dunia…. eh salah juara piala presiden.
Selidik punya selidik ternyata penyebab meroketnya penulusuran MotoGP Sepang 2015 di google ini karena pertarungan sengit antara Marc Marquez dengan Valentino Rossi yang berakhir jatuhnya Marc Marquez di tikungan pada lap ke 7 di lapangan Sepang, Malaysia.
Berikut beberapa berita yang saya ambil:


Dorna.
Insiden yang melibatkan antara dua pembalap MotoGP yaitu Valentino Rossi dan Marc Marquez berbuntut panjang.
Pihak race director dengan cepat telah menuntaskan investigasi pertama, yang dimana total investigasi berjumlah 2.
Keputusan pertama yang diungkapkan race director adalah bersalahnya dua rider yang terlibat insiden, yaitu Valentino Rossi dan Marc Marquez. Dimana kedua rider tersebut terlibat konflik yang mengakibatkan salah satu rider terjatuh.
Setelah race director melihat tayang ulang dari awal, dipastikan bahwa Marc Marquez dengan sengaja melambat motor dan mengacaukan racing line Rossi. Dimana setelah Lorenzo menyalib Marquez terlihat gap waktu antara Marquez dan Lorenzo langsung melebar menjadi 2.6 Detik hanya dengan 1 putaran. Dan terlihat Marquez juga memberikan kemudahan saat Lorenzo mendahului, tetapi tidak dengan Rossi.
Disisi lain pihak Dorna juga menyayangkan sikap Rossi yang terpancing oleh aksi gila dari Marquez, dan rencananya pihak Dorna akan memberikan penalty 3 poin terhadap Rossi.
Investigasi kedua yang dilakukan race director adalah, adanya permainan belakang yang dilakukan oleh Lorenzo dan Marquez. Saat ini untuk kasus kedua Dorna telah memanggil Lorenzo dan Marquez

Kenapa Valentino Rossi Start Paling Belakang ?

Valentino Rossi (VR) Start dari belakang karena perolehan point penaltynya sudah mencapai 4 point. 1 point penalty pertama di peroleh saat bertanding di Sirkuit Motegi, dan 3 Point Penalty kedua di peroleh saat bertanding di Sirkuit Sepang.
Berikut keterangan sistem Penalty Point MotoGP :

“Race Direction bisa memberikan sanksi kepada pembalap poin penalti antara 1-10 jika membahayakan pembalap lain atau melakukan pelanggaran serius lainnya. Poin terakumulasi dengan hukuman kalau sudah mencapai empat poin (start dari grid paling belakang), 7 (start dari pitlane) dan 10 poin (diskualifikasi dari balap)”

Apa Tindakan Yamaha Atas Hukuman Rossi ?

Tentu saja tindakan team Yamaha setelah keputusan hukuman dari Valentino Rossi adalah langsung melakukan Banding. Berikut kicauan @motoGP di twitter :

Adanya Permainan Belakang Marc Marquez ?

Setelah membaca Thread dari Kaskus tersebut, banyak yang memberikan hasil negatif terhadap Marc Marquez (MM) dan Jorge Lorenzo (JL). Mereka menyatakan bahwa MM sekongkol dengan JL karena persamaan Negara mereka. Mereka (MM dan JL) ingin Negara mereka menang bukan Negara Italy. Kenapa saya bisa menyatakan seperti itu ? berikut catatan waktu Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo, Valentino Rossi, Marc Marquez :

“Memasuki putaran ketiga……bukannya mengejar rombongan depan, tiba-tiba torehan waktu Marquez langsung anjlok tembus 2 menit 02.003 detik. Tidak jelas apakah memang ada masalah dengan motornya. Namun dari sisi racing hal ini kurang wajar karena perbedaan sepersekian puluh detik diajang Motogp sangatlah besar. Anehnya, anjloknya lap time Marc saat posisi Lorenzo sudah berada didepan Marquez”

“Dari data terjadi inkonsistensi lap time pada Marc. Disini yang paling ngedrop memang Marquez. Banyak yang mengatakan Rossi sulit meningkatkan ritme karena tertahan Marc. Sedang sibaby alien tetap pada pendiriannya bahwa dia hanya ingin membalap untuk tim. Anehnya….hingga detik ini, misteri kenapa performa Marquez langsung turun setelah Lorenzo menyalip??. Tidak ada jawaban” .

Setelah adanya data grafik antara MM, JL dan VR. adanya juga penjelasan dari CrashNet yang menyatakan bahwa.

Asked about Rossi appearing to kick-out at Marquez, causing the fall, Webb replied:

“Rossi’s evidence is that his foot came off the foot-peg as a result of the contact. From all the video evidence there is no clear shot that definitely shows that his foot slipped off the footrest because of contact or that he deliberately kicked. I don’t have that as a smoking gun if you like.”

Berikut terjemahan Mbah Google, maaf hanya sedikit yang bisa saya perbaiki karena saya tidak pandai bahasa inggris :

Ditanya tentang Rossi yang tampil menendang Marquez, yang menyebabkan jatuh, Webb menjawab:

“Bukti Rossi adalah bahwa kakinya keluar dari pijakan-kaki sebagai hasil dari kontak. Dari semua bukti video tidak ada foto jelas yang menunjukkan bahwa kakinya tergelincir dari pijakan kaki karena kontak atau bahwa ia sengaja menendang. Saya tidak memiliki itu sebagai senjata merokok jika Anda suka.”

Referensi :
Kaskus.co.id 
http://sports.sindonews.com/read/817972/49/motogp-revisi-sistem-poin-penalti-musim-2014-1387279899

Recent Tags:

Hasil Investigasi MotoGP Sepang 2015 | Andi Mariadi | 4.5

Leave a Reply