Sadarkah Anda, Otak Dapat Menggantikan Gadget ?

 Apa itu Otak ? 

Otak manusia adalah struktur pusat pengaturan yang memiliki volume sekitar 1.350cc dan terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron. Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Otak manusia bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia. Oleh karena itu terdapat kaitan erat antara otak dan pemikiran. Otak dan sel saraf didalamnya dipercayai dapat memengaruhi kognisi manusia. Pengetahuan mengenai otak memengaruhi perkembangan psikologi kognitif. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi. ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya.

Apa itu Gadget ?

Gawai (bahasa Inggris: gadget) adalah suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis yang secara spesifik dirancang lebih canggih dibandingkan dengan teknologi yang diciptakan sebelumnya.

Dari uraian di atas tentu saja banyak perbedaan otak dengan gadget, dari hal benda saja sudah berbeda apalagi yang lainnya. Tapi dari perbedaan tentu saja ada dikit persamaan otak dengan gadget, berikut beberapa penjelasan mengapa otak bisa menggantikan peranan gadget :

Otak itu mirip Mp3 Player:

Pernahkah kita mendengar sesuatu di dalam telinga atau kepala tanpa suatu sebab dan alasan. Sesuatu itu berupa alunan suara, seperti bagian reff suatu lagu, atau bagian catchy dari lirik yang dinyanyikan tiba-tiba berdendang di telinga. Atau suatu kondisi atau keadaan yang memancing ingatan pada suatu lagu, dan tiba-tiba berdendang lagu itu di telinga atau kepala kita. Itulah earworm.
Ya, itulah Mp3 Player di otak kita. Tanpa kita download, hanya kita dengarkan dan mengingatnya, maka secara otomatis lagu itu sudah tersimpan di dalam otak kita. Menakjubkan bukan ?

Otak itu mirip Dvd Player:

Sama seperti earworm yang dapat mengalunkan irama di telinga kita. Otak juga dapat memainkan Video dengan jelas (sesuai ingatan kita), bahkan kita bisa dijadikan pemeran utamanya didalam Film yang kita putar (dalam otak).
Kita juga bisa membuat film dengan effect yang awesome tanpa bantuan sofware seperti Adobe. Sangat menakjubkan!

Otak itu mirip Konsol Game:

Apakah anda pernah berpikir ingin memainkan game secara real atau anda yang menjadi peran utama di game anda. Hal itu bisa terwujud hanya dengan otak anda. Ya, kita cukup menghayalkannya saja. Sebagai contoh kita ingin memainkan balap motor seperti MotoGp, cukup kita kendarai motor kita dan kita khayalkan kalau kita sedang bermain game MotoGp, Abang ojek pangkalan bisa kita jadikan lawannya. Cukup menakjubkan bukan ? bahkan lebih real.

Otak itu mirip Telepon:

Telepon merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan suara (terutama pesan yang berbentuk percakapan). Kebanyakan telepon beroperasi dengan menggunakan transmisi sinyal listrik dalam jaringan telepon sehingga memungkinkan pengguna telepon untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya.
Otak juga bisa melakukan hal itu, tapi namanya buka Telepon tapi Telepati.
Telepati adalah kemampuan untuk berkomunikasi atau saling menukarkan informasi dengan orang lain tanpa menggunakan indera.

Bagaimana menurut anda, apakah kita tetap mengagung-agungkan gadget kita dibandingkan pemberian Tuhan YME yang sungguh sempurna ini ? Bahkan Gadget pun tercipta dari Otak. Jadi, kita wajib bersyukur atas pemberian-Nya ini.

Referensi: 
http://www.kaskus.co.id/thread/560e39fb48177ebf7f8b4567/sadarkah-agan-kalo-otak-kita-bisa-menggantikan-fungsi-gadget/1
http://www.kaskus.co.id/thread/527fa35a3c118ecb48000000/mari-gan-kenali-cacing-di-telinga/1
http://id.wikipedia.org
http://google.com

Recent Tags:

Sadarkah Anda, Otak Dapat Menggantikan Gadget ? | Andi Mariadi | 4.5

Leave a Reply