Apa Itu Framework Material Design Lite ?

Sebelum membahas tentang Apa Itu Framework Material Design Lite ? terlebih dahulu kita akan membahas tentang Apa itu Framework ? Apa itu Material Design ?
Mungkin diantara para pembaca sudah mengenal Apa itu Framework ? dan Apa itu Material Design ? tak ada salahnya jika kita akan membahasnya terlebih dahulu.

Apa itu Framework ?

Framework atau yang lebih dikenal sebagai kerangka kerja di dalam bahasa indonesia adalah sebuah software yang memudahkan untuk para programmer dalam membuat aplikasi baik itu Dekstop ataupun Website, yang berisi berupa beberapa fungsi, plugin, logika, dan konsep tertentu yang membentuk suatu tatanan sistem. Karena sifat Framework inilah yang membuat para programer lebih memilihnya daripada membuat dari awal, pembuatan logika baru. Selain kemudahannya Framework juga mempunyai susunan dan struktur yang begitu rapi.

Namun, terlepas dari itu semua, menggunakan Framework bukan berarti seorang programer bebas dari pengcodingan. Programmer tetap harus menggunakan variabel dan fungsi di dalam Framework tersebut atau dalam kata lain ” Kita masih tetap mengcoding “. Karena itulah pekerjaan kita (Programmer) sedikit berkurang karena tidak perlu membuat fungsi baru lagi.

Nah bagaimana ? Apakah sekarang sudah mengerti tentang Apa itu Framework ?

Apa itu Material Design ?

Desain Material (nama kode ; quantum paper) / aslinya dalam bahasa inggris bernama Material Design adalah bahasa desain yang dikembangkan Google dan diumumkan pada konferensi Google I/O pada 25 Juni 2014. Memperluas pada motif “kartu” yang pertama kali terlihat pada Google Now, adalah desain dengan peningkatan penggunaan layout berbasis grid, animasi dan transisi responsif, padding, dan efek kedalaman seperti pencahayaan dan bayangan.

Desainer Matías Duarte menjelaskan bahwa “tidak seperti kertas nyata, Desain Material kami dapat memperluas dan melakukan reformasi yang cerdas. Material memiliki permukaan fisik dan tepi. Jahitan dan bayangan memberikan makna tentang apa yang dapat Anda sentuh.”

Google menyatakan bahwa bahasa desain baru mereka didasarkan pada kertas dan tinta.

Nah sekarang dari bahasan di atas sudah di sebutkan Apa itu Framework ? Apa itu Material Design ? Dan, sekarang kita akan membahas Apa Itu Framework Material Design Lite ?

Apa Itu Framework Material Design Lite ?

Material Design Lite adalah sebuah Framework yang dikembangkan oleh Google yang memungkinkan Anda menambahkan tampilan Material Design dan memiliki nuansa untuk website Anda. Material Design Lite ini tidak bergantung pada setiap Framework JavaScript dan bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan lintasperangkat, mengurangi loading di browser lama, dan menawarkan pengalaman yang segera dapat diakses. Mulai sekarang.

Material Design Lite termasuk versi baru dalam component library dari kontrol antarmuka pengguna umum seperti buttons, check boxes, and text fields, disesuaikan untuk mengikuti konsep Material Desain. Library juga mencakup fitur yang ditingkatkan dan khusus seperti kartu, layout kolom, slider, pemintal, tab, tipografi, dan banyak lagi. Material Design Lite ini bebas untuk di-download dan digunakan, dan dapat digunakan dengan atau tanpa library atau development environment (seperti Web Starter Kit). Ini adalah cross-browser, toolkit cross-OS web developer yang dapat digunakan oleh siapa saja yang ingin menulis lebih produktif, portabel, dan – yang paling penting – halaman web yang dapat digunakan.

Jika anda ingin menggunakan Framework Material Design Lite ini anda dapat mendownloadnya di website resminya di www.getmdl.io

Semoga artikel “Apa Itu Framework Material Design Lite ?” ini dapat bermanfaat untuk kita semua, dan jangan lupa komentar dan jika artikel ini bermanfaat untuk anda jangan lupa share artikel ini untuk bisa diketahui oleh teman-teman kita. Terima Kasih 🙂

Recent Tags:

Apa Itu Framework Material Design Lite ? | Andi Mariadi | 4.5

Leave a Reply