Tutorial Lengkap Membuat Short Link Sendiri Dengan PHP Mysql

Hallo kawan, berjumpa lagi nih sama toturial www.pemulabelajar.com. Kali ini kita akan membahas cara membuat short link sendiri. Pernah dong kawan menjumpai namanya short link, contoh sederhananya saja goo.gl. goo.gl akan membuat url site kita menjadi lebih pendek misalnya saja : http://www.pemulabelajar.com bisa menjadi goo.gl/Jiahs. Begitu juga tutorial kita membuat short link kali ini. Karena membuat short link kita sekarang menggunakan PHP Mysql maka kawan disarankan untuk membuat hosting untuk website yang akan dijadikan website short link kita sendiri, kawan bisa menggunakan layanan gratis seperti 000webhosting.com atapun idhostinger.com (recomended) selain gratis, pembuatan databasenya juga termasuk mudah dan juga tutorialnya sangat banyak digoogle kalau ada waktu saya akan membuatkan tutorial membuat hosting gratis untuk kawan.

Membuat Short Link Sendiri Dengan PHP Mysql

Membuat Short Link

Saya anggap saja kawan sudah membuat hosting disalah satu tempat hosting diatas. Maka langkah awalnya adalah membuat PHP MySql untuk tempat penyimpanan database short link kita nanti. Untuk tutorialnya bisa baca di google.

Catatan

Sebelum melanjutkan alangkah baiknya kawan mencatat akses untuk database sobat seperti : nama database, nama user, password, dan hostnya.
contoh :
Host : sql.idhostinger.com
nama database: u84617_pemulabelajar
nama user: u84617_pemula
password : pemulabelajar.com

Membuat Tabel Database

Selanjutnya, kawan masuk kedalam PHP MyAdmin kawan dan masuk kedalam tab sql, ketikkan kode seperti dibawah ini.

SQL Membuat Tabel
CREATE TABLE IF NOT EXISTS `urls` ( `url_id` int(11) NOT NULL auto_increment, `url_link` varchar(255) default NULL, `url_short` varchar(6) default NULL, `url_date` int(10) default NULL, `url_ip` varchar(255) default NULL, `url_hits` int(11) default ‘0’, PRIMARY KEY (`url_id`) ) ENGINE=MyISAM DEFAULT CHARSET=latin1;

Jika sukses dijalankan maka akan ada sebuah tabel yang akan muncul didalam database kawan. Maka langkah membuat short link dengan PHP satu tahap sudah selesai.

Login ftp

Kawan bisa membacanya di google

Membuat db.php

Buatlah file dengan nama db.php ingat formatnya adalah php. Silahkan copy script dibawah ini jika kawan ingin mengetiknya juga tidak apa-apa.

Kode db.php
<?php

//mysql db connection information
$hostname = “localhost”; //host
$database = “database_name”; //database
$username = “db_username”; //username for your database
$password = “db_password”; //password for your database

$site = mysql_connect($hostname, $username, $password);
mysql_select_db($database, $site);
//

$server_name = “http://”.$_SERVER[‘HTTP_HOST’].”/”;
?>

Simpan file db.php tersebut didalam localhost idhostinger kawan dan coba akses web kawan dengan menambah /db.php contoh : www.pemulabelajar.com/db.php jika tidak ada error maka kawan berhasil menyambungkan website ke database.

Membuat index.php

Langkah ini adalah membuat file induk dari website kita karena tanpa index website kita sama saja akan kosong melompong seperti kacang polong. Copy script di bawah ini kedalam index.php yang kawan buat tadi.
Kode index.php

Simpan kode diatas dan jalankan dengan mengakses website kawan misal : www.pemulabelajar.com jika berhasil maka akan ada inputan untuk men-short link kita sendiri.

Membuat .htaccess

Langkah ini adalah langkah terakhir dalam pembuatan kita kali ini karena dengan .htaccess akan membuat website kita menjadi lebih url friendly kata orang sih. Copy script dibawah ini dan masukkan kedalam file .htaccess.

Kode .htaccess
RewriteEngine on
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule ^(.*) index.php?url=$1 [L,QSA]

Simpanlah kode diatas dan coba jalankan website kawan.

Untuk demonya kawan bisa melihat dibawah ini tetapi website demo kali ini ada sedikit perubahan pada sisi scriptnya saja.

Demo

Update 06 Februari 2016

Tutorial Lengkap Membuat Short Link dengan Iklan

Membuat shortlink / link pendek tentu memiliki maksud tertentu, salah satunya kita harus memiliki keuntungan dari Short Link / link pendek ini. Untuk itu dari setiap Short Link memiliki iklan agar setidaknya membiayai hosting website. Karena itu Tutorial Lengkap Membuat Short Link dengan Iklan melengkapi Tutorial Membuat Short Link tanpa Iklan diatas.

Buat File Menampung Iklan

Untuk menampilkan iklan, tentu saja memerlukan halaman website. Halaman website ini nanti akan dipakai untuk melanjutkan url website yang sudah dipendekan tadi.
Buatlah file dengan nama forward.php dan salin kode dibawah ini.
Kode forward.php

Keterangan :
Kode Short Link dengan iklan diatas melakukan pencarian Short Link ( kuning ) didalam database yang dimiliki, jika memiliki data tentang Short Link ( kuning ) didalam database maka pengunjung akan diarahkan ke link yang sudah tersimpan didatabase (biru).

Merubah kode .htaccess

Karena Tutorial Membuat Short Link tanpa Iklan diatas, yang mana .htaccess mengarahkan setiap short link ke index.php maka sekarang kita arahkan ke forward.php agar pengunjung di `ajak` melihat iklan terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke link asli dari sort link yang dibuat.
Sebelumnya .htaccess adalah seperti dibawah ini

Kode .htaccess awal
RewriteEngine on
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule ^(.*) index.php?url=$1 [L,QSA]

Dan sekarang coba ubah .htaccess sebelumnya menjadi seperti ini.

Kode .htaccess setelah
RewriteEngine on
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule ^(.*) forward.php?url=$1 [L,QSA]

Keterangan :
Sebelumnya setiap Short Link yang didapat akan langsung mengarah ke index.php dan di index.php diteruskan langsung ke link asli Short Link.
Setelah melakukan perubahan setiap short link diarahkan ke forward.php dan diforward.php pengunjung di`ajak` untuk melihat iklan terlebih dahulu sebelum pengunjung mengklik lanjutkan ke link aslinya.

Untuk demonya silahkan klik demo dibawah ini.

DEMO

Sekian artikel tentang tutorial web tentang Membuat Short Link Sendiri Dengan PHP MySql. Semoga bisa bermanfaat bagi kawan, dan jika kawan tidak keberatan silahkan bagikan artikel ini dengan klik tombol bagikan di bawah. Salam dan terima kasih 🙂

Recent Tags:

Tutorial Lengkap Membuat Short Link Sendiri Dengan PHP Mysql | Andi Mariadi | 4.5

Leave a Reply