Belajar PHP – Membuat Website Jejaring Sosial Part 2

Sudah beberapa bulan ini tutorial saya tentang Belajar PHP – Membuat Website Jejaring Sosial tidak dilanjutkan karena alasan klise iyalah malas. Malas adalah sebuah tantangan seorang yang bernama “Blogger”. Apalagi “Blogger” baru seperti saya ini. Skip –

Pada artikel Belajar PHP – Membuat Website Jejaring Sosial Part 1 sebelumnya kita sudah membahas bagaimana membuat sebuah tabel dan sebuah database yang mana nanti tabel tersebut akan digunakan oleh pengguna sebagai tempat berbagi statusnya. Sebelum meneruskan tutorial php pada artikel Membuat Jejaring Sosial di PHP ini, adapun point-point yang akan kita bahas pada artikel ini adalah :

  • Mengkoneksikan Database
  • Membuat Register
  • Membuat Login
  • Membuat Beranda

Langsung saja kita membahas tentang poin-poin yang sudah disampaikan diatas.

Cara membuat website media sosial

Cara membuat website media sosial

Mengkoneksikan Database

Dari tutorial kemaren ( Baca : Belajar PHP – Membuat Website Jejaring Sosial ) kita sudah membuat database dengan nama “mediasosial”. Pada point ini kita membahas bagaimana cara mengkoneksikan database kedalam website pada php, agar semua fungsi yang melibatkan database dapat berjalan secara normal bukan sesar. Buatlah file dengan nama koneksi.php dan salin seluruh kode dibawah ini.

Kode koneksi.php

Pada script diatas jika kawan tidak memiliki database dengan nama mediasosial maka akan muncul tulisan “koneksi kedatabase gagal!”. Jika tulisan tersebut tidak muncul maka koneksi kedatabase kawan berhasil dengan baik, dan point pertama kawan sudah selesaikan. Next –

Membuat Register

Pada point ini kita ditugaskan untuk membuat sebuah form register yang mana nanti user (pengguna) yang masih belum bisa mengakses beranda diwajibkan untuk register terlebih dahulu agar beranda dapat diakses dan nama yang ada profile dia tampil saat menulis status. Jadi, buatlah sebuah file dengan nama daftar.php. Agar user dapat melakukan register maka copy script dibawah ini.

Kode daftar.php

Simpan dan jalankan daftar.php, jika tidak ada error pada proses registrasi maka kita sudah menyelesaikan point Membuat Registrasi. Sekarang kita dapat melanjutkan pada point berikutnya yaitu Membuat Login di PHP, kawan dapat membacanya pada artikel Belajar PHP – Membuat Login di PHP. Ket: Sandi pada saat registrasi sudah dibuat enkripsi md5. Baca Membuat enkripsi pada Password di PHP.

Membuat Login

Karena setelah login user diharuskan login / masuk jadi kita harus menyediakan tempat untuk user menginputkan data diri. Maka dari itu sekarang kita buat file dengan nama login.php. Dan salin kode dibawah ini.

Kode login.php

Ket: Pada login ini kita akan mengambil SESSION yang mana sudah kita bahas pada artikel Belajar PHP – Membuat Login di PHP.

Membuat Halaman Beranda

Setelah kita melakukan login pada halaman login.php maka apabila kita berhasil langsung diarahkan pada halaman beranda ini. Nanti dihalaman beranda ini kita akan berbagi status yang mana walaupun tidak berteman kita dapat melihat status teman-teman kita yang lain. Kalau dalam istilah lainnya ini seperti chatbox pada umumnya. Skip –
Buatlah sebuah file dengan nama index.php, dan copy script dibawah ini.

kode index.php

Pembahasan : Script diatas akan menghasilkan nama, status, dan tanggal status tersebut. Yang mana nama pembuat status tersebut bisa di klik dan mengarah ke halaman profile.php. Lihat Point Berikutnya

Update :Membuat Jejaring Sosial di PHP – Part 3

Semoga artikel Tutorial PHP tentang Belajar PHP – Membuat Website Jejaring Sosial ini dapat bermanfaat bagi kawan yang sedang belajar PHP. Jika pada artikel ini kawan kebingungan dalam melakukan langkah-langkah yang disampaikan penulis, kawan dapat bertanya pada kolom komentar atau menghubungi saya melalui menu contact diatas. Salam dan Terima Kasih.

Recent Tags:

Belajar PHP – Membuat Website Jejaring Sosial Part 2 | Andi Mariadi | 4.5

Leave a Reply