Belajar PHP – Membuat Blog Dengan PHP

Belajar PHP - Membuat Blog Dengan PHP

Sering kita melihat blog yang dibuat dengan PHP yang disebut CMS Blog. Membuat blog dengan PHP sebenarnya gampang-gampang susah buat saya, karena kelamahan saya terhadap analisis data maka kendalanya adalah membuat database. Untuk apa kita membuat sebuah CMS Blog kan sudah ada wordpress ataupun Joomla ? Jawabannya sangat simple karena ingin mengembangkan atau mengetahui ilmu PHP kita.

Pada artikel ini saya tidak akan menulis tutorial membuat blog dengan PHP, tetapi artikel ini hanya akan membagikan CMS Blog dengan PHP secara gratis dan yang terpenting CMS Blog ini Open source atau dalam kata lain dapat dikembangkan kawan. CMS Blog ini sangat sederhana karena keterbatasan pengetahuan yang saya miliki, bahkan keamanan website ini sepertinya sangat kurang meski belum pernah dicoba dengan software apapun.

Spesifikasi CMS Blog

Sedikit perkenalan dengan CMS Blog sederhana ini, kenapa sedikit ? karena fitur yang dimiliki masing kurang dari sempurna jadi tugas kawan selanjutnya adalah menyempurnakan CMS Blog dengan PHP ini agar terlihat profesional.

Loading

Pada saat loading, pengunjung akan disuguhi loading dengan animasi “kotak berputar” sehingga membuat pengunjung betah saat menunggu loading CMS Blog PHP.

Navigasi

Pada navigasi hanya tersedia menu HOME, ARTIKEL, dan CONTACT US. Kawan bisa menambahkan navigasi tersebut pada system > header.php.

Halaman Artikel

Pada halaman artikel pengunjung akan disuguhi 5 artikel, dengan setiap artikel akan menampilkan gambar disebalah kiri artikel. Untuk merubah jumlah artikel perhalaman kawan dapat merubahnya pada system > articles.php dan pada baris ke-3 yang sebelumnya 5 dapat diubah sesuai keinginan kawan.

Sidebar

Sidebar ini hanya akan muncul saat pengunjung memilih halaman artikel dan membaca artikel saja selebihnya sidebar tidak akan muncul.

Komentar

Design komentar pada CMS Blog berbasis PHP seperti layaknya blogger, mempunyai system balas setiap komentar pada artikel yang bersangkutan.

Halaman Admin

Untuk halaman admin kawan bisa mengaksesnya dengan alamat_situs.com/admin dan setelah itu masukkan username dan password seperti dibawah ini.

Username : Andi
Password : admin (ingat huruf kecil)

Dan akan muncul halaman admin, halaman admin ini bisa untuk menambahkan artikel dan melihat komentar-komentar diblog kawan.

Kekurangan CMS Blog

Untuk kekurang CMS Blog berbasis PHP ini sangat banyak salah satunya adalah artikel hanya dapat menampilkan satu gambar saja, kalau ingin menambahkan gambar bisa dengan menambahkan tag gambar diartikel kawan. Tugas kawan mengembangkan CMS Blog sederhana ini 🙂

Screenshoot

Sedikit ulasan screenshoot CMS Blog berbasis PHP ini adalah sebagai berikut.

Belajar PHP - Membuat Blog Dengan PHP
Home CMS Blog
Belajar PHP - Membuat Blog Dengan PHP
Halaman Artikel
Belajar PHP - Membuat Blog Dengan PHP
Membaca Artikel
Belajar PHP - Membuat Blog Dengan PHP
Komentar Artikel
Belajar PHP - Membuat Blog Dengan PHP
Halaman Login Admin
Belajar PHP - Membuat Blog Dengan PHP
Halaman membuat artikel
Belajar PHP - Membuat Blog Dengan PHP
Halaman Melihat Semua Komentar
Belajar PHP - Membuat Blog Dengan PHP
Halaman Menulis Artikel

Diatas sedikit screenshoot tentang CMS Blog berbasis PHP sederhana yang dapat kawan kembangkan lagi sehingga terlihat lebih profesional layaknya blogger.

Untuk demo belum saya buatkan tapi untuk source code dan database bisa kawan unduh pada link dibawah ini.

Source Code CMS Blog PHP Sederhana

Info: Buatlah Database dengan nama db_blog setelah itu import db_blog.sql kedalam database db_blog yang sudah kawan buat.

Demikian tutorial Belajar PHP – Membuat Blog Dengan PHP, semoga artikel ini dapat bermanfaat sebagai referensi untuk membuat Blog dengan PHP sederhana. Jangan lupa untuk menyampaikan artikel ini dengan kawan lainnya dengan cara membagikan artikel ini dengan menu bagikan dibawah. Salam dan Terima Kasih.

Recent Tags:

Belajar PHP – Membuat Blog Dengan PHP | Andi Mariadi | 4.5

Leave a Reply