Cara Memindah Data WordPress Ke Blogger

Bagaimana cara migrasi dari WordPress self-hosted ke blogger atau blogspot – Pengalaman sebelumnya pernah saat import data wordpress sel-hosted ke akun blogger memakan waktu yang lama bahkan tidak ada kepastian kapan selesai data yang diimport, padahal import data yang mencapai 2000 post biasanya hanya memakan waktu kurang lebih 5 menit tergantung koneksi internet saat itu.

Kejadian lama import data wordpress ke blogger yang memakan waktu tidak tau sampai kapan dikarenakan data eksport wordpress dengan data eksport blogger tidak memiliki kesamaan karena itu kita harus meng-kompres data wordpress menjadi data yang dapat diterima oleh blogger.

Migrasi dari wordpress ke blogger

Migrasi atau memindahkan data dari wordpress ke blogger tidak bisa hanya dengan eksport terus import, dikarenakan data eksport wordpress tidak sama dengan data eksport-nya blogger.

Sebelum kita memindahkan data yang ada diwordpress ke blogger, terlebih dahulu kita harus meng-convert data wordpress menjadi data blogger agar kejadian import data blogger yang berkepanjangan tidak menimpa kawan (cukup saya).

Untuk convert data WordPress ke Blogger harus membutuhkan tool wordpress2Blogger yang mana tool ini bisa kawan dapatkan dengan mengunjungi halaman
http://wordpress2blogger.appspot.com/[update : http://wp2blogspot-1156.appspot.com/].
Untuk tutorial memindahkan data dari wordpress ke blogger bisa kawan lihat dibawah ini.

1. Eksport Data WordPress

Cara export data wordpress kawan bisa mengakses Tools > Export. Data yang di export akan berbentuk menjadi format XML, simpan data ini dalam harddisk kawan. Data XML hasil dari export data wordpress hanya bisa digunakan untuk import diwordpress saja, untuk import data ke blogger maka kawan membutuhkan tools.

2. Convert Data WordPress

Sebelum data export wordpress ini dapat digunakan diblogger terlebih dahulu kawan harus melakukan kompresi format data XML wordpress ke data XML Blogger, yang mana tool’s ini bisa kawan dapatkan dengan mengunjungi
http://wordpress2blogger.appspot.com/[update : http://wp2blogspot-1156.appspot.com/].

Masukkan data XML hasil export wordpress tadi, lalu tekan convert. Maka kawan akan mendapatkan hasil kompresi format XML Blogger dengan nama blogger-export.xml lalu simpan.

Import Data Blogger

Untuk import data diblogger kawan bisa mengaksesnya dengan masuk ke dashboard > Pengaturan > Lainnya > Import data. Sebelum import data kawan harus mengisi captcha dan perlu diingat bahwa import data dalam sehari dibatasi 2-3 kali import oleh Google.

Disini kawan bisa memilih data yang diimport langsung dipublikasikan atau disimpan didraft terlebih dahulu, untuk langsung mempublikasikan artikel caranya dengan contreng Publikasikan semua pos dan laman yang telah diimpor secara otomatis. Lalu, klik Import dari Komputer > Masukkan data blogger-export.xml yang tadi kawan dapatkan dari tools
http://wordpress2blogger.appspot.com/[update : http://wp2blogspot-1156.appspot.com/].

Proses import data akan berlangsung beberapa menit, jika proses import selesai kawan akan langsung dialihkan ke menu dasboard post Blogger.

Demikian artikel Cara Memindah Data Dari WordPress ke Blogger, semoga dapat membantu kawan yang mengalami kesulitan memindahkan data wordpress. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini dan jika ada pertanyaan silahkan komentar. Salam dan Terima Kasih

Recent Tags:

Cara Memindah Data WordPress Ke Blogger | Andi Mariadi | 4.5

Leave a Reply