Membuat Parse Kode HTML Sederhana Dengan PHP

Membuat Parse Kode HTML Sederhana Dengan PHP

Kali ini akan membahas mengenai Cara membuat parse kode sederhana dengan PHP. Parse kode ini sendiri sering kali dibutuhkan saat ingin menuliskan sebuah kode HTML pada Blog biasanya jika kode HTML dituliskan pada tab “HTML” maka kode tidak akan tampil sebagaimana biasanya, maka kode HTML tersebut akan diubah terlebih dahulu menjadi kode yang tidak dibaca sebagai tag HTML.

Pengertian Parse Kode

Secara singkatnya parse kode adalah merubah tag html menjadi berupa tulisan simbol sehingga tags html menjadi bukan tags html. Misalnya kode < maka akan ditulis menjadi &lt;. Kode &lt; ini sendiri jika dituliskan di tabs HTML browser akan membacanya menjadi simbol < bukan sebagai awal tags html. Mengapa terjadi hal demikian ? saya juga tidak tau :D.

Dari penjelasan diatas maka kita akan membuat sebuah parse kode dengan mengganti kode tersebut dengan simbol-simbol pada html, untuk membuatnya kita bisa menggunakan str_replace(search, replace, string) dan dengan perpaduan array().
Sebelum kita membuat parse kode html dengan php, terlebih dahulu kita coba memperlajari str_raplace(). Lihat contoh dibawah ini :

<?php
    echo str_replace(” “, “spasi”, “Belajar dengan pemula belajar blog”);
?>

Akan menghasilkan :

Belajarspasidenganspasipemulaspasibelajarspasiblog

Kode diatas sebuah (spasi) akan diubah menjadi tulisan spasi sebagai mana hasil dari kode diatas, kawan bisa juga menggantinya dengan tanda (koma) atau sebagainya. Tapi pada contoh diatas hanya akan merubah satu kode saja yaitu (spasi) lalu bagaimana merubah tulisan lainnya pada PHP ini ? jawabannya adalah array().

Pengertian Array

Secara singkat Array adalah sekumpulan variabel yang memiliki tipe data yang sama dan dinyatakan dengan nama yang sama. Misalnya data string yang berubah huruf a, b, c, d, ...., z maka bisa diberi nama dengan variabel $huruf. Lihat contoh dibawah ini :

<?php
    $huruf = array(‘a’, ‘b’, ‘c’);
    print_r($huruf);
?>

Akan menghasilkan :

Array ( [0] => a [1] => b [2] => c )

Dari hasil kode diatas menunjukkan hasil berupa array [0],[1], dan [2] mengapa hanya sampai 2 bukan sampai 3 ? jawabannya adalah array selalu dimulai dari 0, jadi menghitungnya dari 0, 1, 2, maka akan menghasilkan 3 variabel.

Penjelasan diatas hanya secara singkatnya, untuk lebih lanjutnya bisa mempelajari php di w3school dan situs pembelajaran lainnya. Dan sekarang kita coba membuat parse kode dengan berbekal penjelasan diatas. Emang bisa ? bisa kok :). Simak tutorial membuat parse kode sendiri dengan PHP :
Sebelumnya kawan harus mengetahui dulu simbol-simbol dalam HTML, pada tutorial ini akan memberikan sedikit contoh simbol-simbol pada HTML selebihnya bisa kawan tambahkan sendiri, simbol-simbol pada HTML tersebut adalah :

Kode HTML Simbol HTML
< &lt;
> &gt;
& &amp;

Dengan berbekal simbol dasar diatas dirasa cukup untuk membuat parse kode diphp, untuk selebihnya bisa kawan tambahkan sendiri.
Hal yang perlu kawan siapkan untuk membuat parse kode sendiri dengan php adalah sebuah file dengan format php, dan beri nama parse.php
Salin kode ddibawah ini dan simpan pada file parse.php :

<?php
    $a = array(‘<‘, ‘>’, ‘&’);
    $b = array(‘&lt;’, ‘&gt;’, ‘&amp;’);
    $string = @$_POST[‘before’];
    $after = str_replace($a, $b, $string);
?>
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Parse Kode Pemula Belajar Blog</title>
</head>
<body>
<h1>Parse Kode Pemula Belajar</h1>
<form method=”post”>
    <textarea name=”before” rows=”10″ cols=”60″ style=”resize: none”><?php echo @$_POST[‘before’]?></textarea>
    <br />
    <button type=”submit” name=”parse”>Parse</button>
    </form>
    <textarea name=”after” rows=”10″ cols=”60″ style=”resize: none;”><?php echo $after;?></textarea>
</body>
</html>

Sekarang cobalah untuk tes parse kode html kawan dengan hasil kode yang baru saja kawan buat, apakah berhasil untuk membuat kode html menjadi ter-parse. Perlu diingat parse kode di php ini masih sederhana jadi masih terdapat kesalahan-kesalahan saat parsenya disitulah tugas kawan untuk mengembangkan parse kode dengan php ini selayaknya parse kode profesional.

Terima kasih telah membaca sebuah artikel Membuat Parse Kode HTML Sederhana Dengan PHP. Baca lebih banyak lagi artikel tentang PHP di website tutorial pemula. Jangan lupa untuk berbagi dengan menekan tombol bagi yang ada dibawah artikel ini. Salam.

Recent Tags:

Membuat Parse Kode HTML Sederhana Dengan PHP | Andi Mariadi | 4.5

Leave a Reply