20 Langkah Membuat Desain Web Yang Sempurna

Ketika berbicara topik merancang tata letak situs web, apakah kawan pernah berpikir tentang kesalahan umum yang sering dilihat di beberapa situs web, terutama yang masih awam dengan desain web dan desainer web baru yang baru keluar dari pelatihan / kursus.

Dalam daftar singkat ini langkah-langkah untuk tata letak situs web yang sempurna, bertujuan untuk mengatasi masalah yang sering dilakukan. Website builder yang bekerja dalam lembaga digital harus tahu yang dilakukan sebelum memulai sebuah proyek baru, dan apa yang harus mereka perhatikan selama proses tersebut.

Langkah-langkah pada tutorial web desain ini tidak hanya merancang aspek seperti desain halaman, tetapi juga masalah alur kerja desain yang akan membuat pekerjaan biasanya menjadi hal yang baik untuk dilakukan. Ikuti Langkah Membuat Web Desain berikut, dan segera ciptakan layout website kawan menjadi lebih profesional.

1. Masukkan pemikiran didalam kertas

Hal ini tampaknya sangat jelas bahwa sebelum membuat desain web setidaknya buat sebuah sketsa untuk layout halaman yang akan dibuat. tetapi masalah kecil ini sering diindahkan oleh desainer baru karena mereka melompat langsung ke Photoshop sebelum memberikan pemikiran apapun untuk masalah yang harus mereka pecahkan. 

Desain adalah tentang memecahkan masalah dan masalah tersebut tidak dapat diselesaikan melalui gradien atau bayangan tetapi melalui tata letak halaman yang baik dan penyambungan yang jelas. Pikirkan tentang isi, tata letak dan fungsi sebelum mulai membuat layout seperti bayangan/shadow efek.

2. Meningkatkan sketsa awal

Ketika diminta untuk membuat tampilan dan nuansa untuk sebuah proyek, hal pertama yang dilakukan adalah meningkatkan hasil pemikiran didalam kertas ke kerangka tingkat atas yang dapat memecahkan semua masalah pada desain. Kerangka tersebut adalah UI yang memuat konten dan membantu untuk melakukan tindakan dan memberikan navigasi pada halaman website. Navigasi ini termasuk komponen seperti sidebars dan dibawah header.

Jika ingin melakukan penyempurnaan pada desain dari perspektif ini, maka kawan akan memiliki pemahaman yang jelas tentang kebutuhan apa saja tentang tata letak pada website dan juga saat merancang bagian luar homepage.

03. Buat dengan Photoshop (Optional)

Ini cukup sederhana seperti kedengarannya. Sebelum mulai merancang apa pun di Photoshop yang dibutuhkan adalah grid yang tepat untuk memulai desain. Tidak ada alasan yang sah untuk memulai tanpa grid, dan jika tidak, maka dapat dilakukan dengan cara lain, dan juga desain tidak akan terlihat baik.

Sebuah grid akan membantu untuk men-struktur tata letak pada bagian yang berbeda, grid akan membimbing untuk melakukan peubahan pada ukuran layar tertentu, dan membantu untuk membuat template responsif, untuk konsisten dalam hal jarak serta banyak masalah desain lainnya.

04. Pilih tipografi

Menjelajahi tipografi dan warna merupakan bagian dari tahap memulai sebuah proyek. Sangat direkomendasikan tidak menggunakan lebih dari dua tipografi yang berbeda di website tapi itu semua tergantung pada keinginan kawan bisa menggunakan lebih atau kurang. Secara keseluruhan pemilihan font yang mudah dibaca, jumlah panjang teks, dan dengan judul dan sub judul yang lebih baik. Jangan takut menggunakan font besar karena secara keseluruhan menjadi terlihat indah dan konsisten ketika menggunakan tipografi.

05. Pilih warna tema

Sepanjang proses memilih tipografi untuk digunakan, maka kawan harus mulai mengeksplorasi warna apa yang akan digunakan di UI, latar belakang, dan teks. Dalam hal warna sangat disarankan menggunakan satu set warna yang terbatas dan antarmuka yang indah.

Sangat penting untuk menerapkan secara konsisten di seluruh UI tergantung pada fungsi elemen. Pikirkan tentang tata letak situs seperti Facebook, Twitter, Quora, dan Vimeo. Selain itu UI boleh ada pembatasan warna untuk ilustrasi atau rincian grafis selama tidak mengganggu fungsi dari komponen.

06. Mengatur tata letak

Setiap bagian di situs harus bisa bercerita. Karena itu perlu alasan untuk hasil akhir bagi pengunjung website. Tata letak perlu untuk membantu menyoroti konten dan bagian apa yang paling penting dalam cerita itu. Pada kenyataannya tidak boleh ada terlalu banyak bentuk panggilan pada halaman agar semuanya harus mempunyai hasil akhir yang indah.

Pikirkan tentang tata letak yang paling sederhana yang dapat kawan bayangkan untuk tujuan sederhana dan mulai menambahkan komponen yang diperlukan. Pada akhirnya kawan akan terkejut betapa sulitnya untuk tetap sederhana.

07. Memikirkan kembali didirikan

Sebagai desainer kita membentuk cara pengguna mengakses internet, karena itu terserah kita untuk memutuskan berapa banyak tindakan sederhana yang akan diambil dan seberapa efisien situs yang kita desain. Pola desain dan konvensi ada karena bekerja, tetapi kadang-kadang ada karena tidak cukup menghabiskan waktu untuk mengevaluasi atau memikirkan kembali. Sangat penting untuk memikirkan kembali pola interaktif yang didirikan pada komponen apapun dan untuk melihat bagaimana dapat meningkatkan.

08. Menantang diri

Diharapkan setiap desainer luar sana untuk menantang diri mereka sendiri pada setiap proyek. Inovasi tidak selalu datang sebagai persyaratan untuk proyek jadi terserah kepada inovasi kawan untuk datang dengan sesuatu interaksi atau desain terkait. Contoh tantangan yang berbeda dapat mencakup menggunakan sistem grid baru, menciptakan komponen baru, atau bahkan tantangan kecil seperti menghindari mode campuran atau menggunakan warna tertentu.

09. Perhatikan rincian

Pernyataan ini telah digunakan secara berlebihan akhir-akhir ini tapi itu tidak selalu terlihat dalam produk akhir. Tergantung pada konsep di balik proyek tersebut, bahwa “cinta” bisa datang dengan cara yang berbeda.

Ini bisa menjadi interaksi kecil, animasi tak terduga atau sentuhan estetika seperti gradien kecil di tombol atau stroke halus di sekitar kotak di latar belakang. Tapi secara keseluruhan sentuhan ini sangat penting dan juga alami jika benar-benar menikmati apa yang dilakukan.

10. Buat seolah-olah mengikuti kontes desain

Harus diakui bahwa nasihat ini sangat sering diucapkan. Mendengarnya di masa lalu membuat orang yang mendengarnya terkejut karena seberapa jelas dan benar pernyataan ini. Setiap komponen harus dirancang seperti bisa berdiri sendiri agar menjadi komponen terbaik yang pernah ada. Kadang-kadang desainer meninggalkan beberapa bagian dari situs yang mereka buat dan menunjukkan sedikit rasa hormat kepada mereka di akhir proyek.

11. Mempertajam pekerjaan

Untuk menghindari piksel kabur, cobalah untuk mengatur kontras yang tepat antara stroke dan latar belakang atau warna latar belakang. Selain pertimbangan estetika ada beberapa hal umum yang harus dihindari dalam rangka menciptakan desain yang bersih dan baik. Beberapa hal yang harus diwaspadai ketika mencoba untuk mempertajam kerja yaitu harus mencakup gradien, border shadow, pilihan font rendering (beberapa font tergantung pada ukuran mereka terbaik dilihat pada spesifik mode render), dan stroke yang menggabungkan dengan latar belakang.
Ini hanya beberapa contoh dasar untuk mencari masalah tetapi dalam kenyataannya daftar ini tak ada habisnya. Selalu melihat desain secara keseluruhan untuk melihat apakah semuanya bekerja dengan baik dan kemudian menganalisis setiap komponen individual lebih hati-hati.

12. Rapikan Hasil Photoshop

Ini (bersama dengan penggunaan grid) salah satu bagian yang paling penting ketika merancang dengan Photoshop. Meskipun ukuran proyek dan jumlah desainer yang bekerja di atasnya, maka diperlukan untuk menyimpan file bersih hasil Photoshop. Ini akan membuat lebih mudah untuk mengekspor bagian yang berbeda, untuk mempercepat proses desain dan bekerja untuk menyelesaikan desain web bersama dengan desainer lainnya.

13. Bersiap untuk yang terburuk

Ingatlah bagaimana tata letak akan bekerja pada perangkat yang berbeda dan ukuran layar. Sebagai desainer yang tugasnya adalah untuk memecahkan masalah dengan situasi yang berbeda. Dengan desain web, kendala berkisar dari masalah konseptual dan teknis untuk masalah konten terkait.
Perlu membangun sebuah situs yang bisa bekerja, tidak hanya dalam skenario yang ideal, tetapi juga dalam skenario terburuk. Misalnya seorang pengguna bisa menggunakan layar yang sangat kecil dan ketika memeriksa situs yang muncul nyaris tanpa isi di atasnya sehingga terlihat rusak.
Namun untuk tujuan menyajikan pekerjaan, sangat menyarankan membangun skenario kasus terbaik untuk itu. Oleh karena itu tampilkan jumlah ideal teks dan tampilkan situs dalam ukuran browser ideal, ini adalah sebuah skenario yang paling umum dan sebagian besar pengguna menggunakannya.

14. Terobsesi atas desain sampai Anda membencinya

Jika bersemangat tentang desain maka perlu diyakinkan ini adalah sesuatu yang sudah seharusnya dilakukan. Setiap kali menyelesaikan proyek maka akan merasa bangga, dan cenderung untuk membuat proyek lain karena ini bagian dari hidup seorang desainer website.
Sepanjang proses ini akan bisa sampai ke titik di mana akhirnya berakhir membencinya. Mulai melihat segala sesuatu yang salah dan akhirnya akan mengubahnya. Tidak menyukai pekerjaan sebelumnya adalah tanda bahwa kawan merajuk kedewasaan, dan itu berarti bahwa kita akhirnya belajar dari kesalahan sendiri.

15. Hindari menghabiskan terlalu banyak waktu di sebuah konsep

Ketika mengusulkan konsep interaktif atau ‘tampilan dan nuansa’ desain, perlu dipastikan bahwa klien memastikan tanda kesepakatan pada halaman yang sama sesegera mungkin. Setelah itu terjadi dan konsep awal disetujui maka dapat bersantai sedikit dan mulai produksi.
Tetapi jika setelah menyajikan konsep pertama dan klien tidak jatuh cinta dengan hal itu, kawan harus mengumpulkan ide untuk desain web yang baru agar cukup membawa konsep yang baru tepat ke klien.

16. Jadilah teman terbaik Developers

Rafael Mumme dari Yahoo memberikan nasihat tentang bagaimana desainer dapat bekerja lebih baik dengan developersnya. Pengembang atau Developers adalah orang-orang kreatif dan mereka mencintai pekerjaan mereka sebanyak yang dapat dilakukan. Tapi mereka tidak selalu termasuk dalam proyek dari awal dan sering kali hanya terlibat ketika konsep sudah diputuskan dan peran kreatif mereka diminta.

Proses ini salah satu dari beberapa ide terbaik yang datang dari tim pengembangan, jadi pastikan bahwa kawan bergabung dengan mereka dari awal proyek. Berbagi konsep dan kegembiraan dengan mereka akan menyebabkan ide-ide yang lebih baik dan eksekusi yang lebih baik pada akhirnya.

17. Presentasi

Ini sama pentingnya agar dapat menghasilkan karya yang hadir menjadi besar. Desain terbaik dapat diabaikan atau dibuang jika tidak hadir dengan benar. Selalu diingat bahwa apa yang benar-benar jelas bagi desainer mungkin tidak jelas dengan orang lain atau klien ketika melihat desain untuk pertama kalinya.

18. Cinta disetiap ide-ide

Ada benang merah antara mengetahui kapan untuk mengadvokasi ide-ide dan belajar untuk menyadari ketika tim atau klien tidak melihat mereka sebagai ‘satu’. Sebagai seorang desainer harus percaya dan tegas dalam apa yang dilakukan, tetapi juga harus terbuka maka dengan cepat ide itu datang dengan sesuatu yang lain. Jangan lupa bahwa ada lebih dari satu solusi yang unik.

19. Penyempurnaan desain

Jika bekerja di dalam kantor mungkin akan cepat menyadari betapa mudahnya untuk menemukan diri kawan yang berjuang dengan desain proyek baru ketika yang sebelumnya baru saja selesai dan sedang dikembangkan. Bertentangan dengan kebiasaan umum, pekerjaan pada sebuah proyek tidak berakhir ketika PSD dan lembar gaya sudah final.
Jika benar-benar peduli tentang desain dan ide-ide interaksi yang baik dieksekusi, minta pendapat pada teman-teman yang terbaik dalam hal pengembang dari waktu ke waktu dan membantu mereka sebanyak yang mereka butuhkan untuk memastikan bahwa sedikit banyaknya pixel sempurna.

20. Tampilkan

Sebagai bagian dari komunitas desainer, kita semua senang melihat bukan hanya hasil akhir, tetapi juga pekerjaan yang sedang berlangsung. Kadang-kadang bagian terbaik dari sebuah proyek yang ditinggalkan karena beberapa alasan akan hilang dalam folder Arsip.

Setelah proyek selesai dan mendapatkan persetujuan dari klien / produser untuk mempromosikan dan jika mungkin membuat studi kasus dengan pekerjaan yang sedang berlangsung dan desain yang tidak dapat diteruskan hingga ke rilis final. Maka akan membantu dengan menyumbangkan pengetahuan itu ke masyarakat dan kawan akan mendapatkan umpan balik yang berharga sebagai imbalan.

Demikian artikel 20 Langkah Membuat Desain Web Yang Sempurna, semoga dapat membantu kawan untuk memberikan referensi apa itu web design. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini dan jika ada pertanyaan silahkan komentar. Salam dan Terima Kasih

Recent Tags:

20 Langkah Membuat Desain Web Yang Sempurna | Andi Mariadi | 4.5

Leave a Reply