Belajar Cara Optimasi SEO Onpage Untuk Blogger

Belajar Cara Optimasi SEO Onpage Untuk Blogger

Optimasi SEO Onpage – Artikel ini membahas bagaimana cara optimasi seo onpage yang baik dan benar untuk Search Engine. SEO Onpage ini berfungsi untuk memberikan saran kepada Search Engine bahwa artikel kita memiliki apa yang dibutuhkan pencari, dengan cara struktur yang terdapat diartikel. Tetapi, sebelum mempelajari SEO Onpage ada baiknya kita membahas mengenai apa itu SEO.

Apa Itu SEO

Kepanjangan dari SEO adalah Search Engine Optimation yang berarti cara search engine menemukan artikel kita dan menampilkan artikel pada halaman pencarian sebagai artikel yang dibutuhkan oleh pencari. Dari cara search engine menemukan artikel itulah yang dinamakan SEO.

Baca Juga :

20 Langkah Membuat Desain Web Yang Sempurna
Cara Mudah Mendapatkan Dollar Di Internet

SEO sendiri memiliki dua kategori yaitu SEO Onpage dan SEO Offpage, tapi pada artikel ini kita hanya membahas tentang optimasi SEO Onpage. Untuk memberikan pemahaman tentang SEO bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Belajar Cara Optimasi SEO Onpage Untuk Blogger

Dari gambar diatas bisa dilihat bahwa sebelum artikel itu ditampilkan untuk pengunjung pada halaman pencarian, search engine ini terlebih dahulu memilih artikel yang pantas untuk diberikan kepada pengunjung dalam hal ini “Human”. Dari kasus itulah artikel yang dibuat harus seo friendly, artinya artikel harus mudah dipahami search engine agar bisa ditampilkan pada halaman pencariannya.

Cara Optimasi SEO Onpage

SEO Onpage adalah dimana saat pemilihan artikel yang dilakukan search engine, kita optimalkan pada isi yang terdapat pada blog kita. Analoginya adalah saat kita memberikan sebuah kado kepada penganten, kita akan membungkus kado semenarik mungkin agar penganten menyukai kado kita daripada yang lain. Membungkus kado semenarik mungkin inilah yang dinamakan Optimasi SEO Onpage untuk Blog kita.

Untuk optimasi SEO Onpage, kita bisa menyarankan kepada search engine untuk melakukan penerbitan artikel dihalamannya dengan cara pengoptimalan tag yang terdapat pada artikel. Pembahasan Optimasi seo onpage pada artikel ini memiliki point sebagai berikut.

  1. Title tag
  2. Meta Tag
  3. URL artikel
  4. Heading Tag artikel
  5. Label
  6. Artikel yang dibuat

Sekarang, mari kita bahas satu persatu point diatas.

Optimasi Title Tag

Sebenarnya pada title tag ini setiap template sudah melakukan SEO Onpage pada title tag, tetapi biasanya untuk penggunaan title tag ada yang acak-acakan sehingga mengurangi entisitas search engine menemukan blog kawan. Optimasi title tag untuk seo onpage disarankan untuk penggunaan nama blog diletakkan pada akhir title tag, sebagai contoh :

Cara optimasi Blog dengan SEO Onpage – (Nama Blog)

Dari contoh diatas kawan bisa melakukan seo onpage title tag dengan menggunakan script dibawah ini.

<b:if cond=’data:blog.pageType == “index”‘>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
<b:else/>
<b:if cond=’data:blog.pageType != “error_page”‘>
<title><data:blog.pageName/> – <data:blog.title/></title>
</b:if></b:if>
<b:if cond=’data:blog.pageType == “error_page”‘>
<title>Page Not Found – <data:blog.title/></title>
</b:if>

Alasan meletakkan nama blog diakhri judul adalah karena pada search engine biasanya hanya menampilkan 5 kata untuk setiap title artikel di halaman pencariannya dan sisanya hanya titik-titik. Sebab itulah kita harus melakukan optimasi title tag untuk seo onpage.

Optimasi Meta Tag

Point ini memang sengaja hanya ditulis meta tag, karena disini kita tidak hanya membahas 1 meta tags saja. Karena untuk mendapatkan trafik blog kita tidak hanya melakukan optimasi seo onpage di satu meta tags saja.

Meta tag description

Agar meta tag description ini berfungsi dengan baik untuk search engine, maka sebelum menerbitkan artikel pada blogger hendaknya menuliskan deskripsi singkat artikel pada menu Deskripsi Penulusuran yang terletak disamping. Ini berfungsi untuk menampilkan dekripsi tentang artikel yang akan diakses pengunjung pada halaman pencarian search engine. Biasanya deskripsi ini dimasukkan juga keyword yang hendak dioptimalkan.

Meta tag Keyword

Untuk urusan meta tag keyword ini kawan tidak perlu bersusah payah menulisnya, karena meta tag keyword ini sudah diletakkan di judul artikel dan juga pada template premium sudah diatur.

Berikut adalah script optimasi yang dilakukan pada blog Pemula Belajar ini.

<b:if cond=’data:blog.url == data:blog.homepageUrl’>
<meta content=’Masukkan keyword yang anda bidik untuk situs anda’ name=’keywords’/>
</b:if>
<b:if cond=’data:blog.pageType != “error_page”‘>
<meta expr:content=’data:blog.metaDescription’ name=’description’/>
<b:if cond=’data:blog.homepageUrl != data:blog.url’>
<meta expr:content=’data:blog.pageName + “, ” + data:blog.pageTitle + “, ” + data:blog.title’ name=’keywords’/>
</b:if></b:if>

Optimasi URL artikel

URL artikel juga tidak bisa sembarangan. Karena url artikel juga bisa menjadi keyword yang handal untuk search engine memperoleh artikel dan menjadikannya page one di halaman pencarian.

Jadi sebelum mem-publish artikel hendaknya memeriksa terlebih dahulu url artikel kawan, setidaknya memiliki 1 keyword didalam URL artikelnya. Ini memang sepele tapi banyak blogger khususnya saya dulu yang sering melewatkannya, sehingga urlnya tidak memiliki ikatan yang kuat dengan isi artikelnya.

Optimasi Heading Artikel

Optimasi keyword pada heading juga sangat perlu dilakukan oleh blogger, karena search engine membidik heading terlebih dahulu, baru isi artikelnya kemudian meletakkan artikel di halaman pencarian.

Untuk optimasi heading ialah pada setiap artikel harus memiliki <H1>, <H2>, <H3> dan seterusnya secara terstruktur. Tetapi, biasanya yang sering dijadikan patokan search engine adalah h1, h2 pada artikel.

Heading H1 ini sudah otomatis dimiliki template blogger. Yang menjadi masalah adalah meng-optimalkan heading h2 pada artikel karena template tidak menyediakan h2 dan h3 secara otomatis jadi kita sendiri yang harus optimasi heading. Jadi pastikan artikel anda memiliki h1, h2 dan h3 untuk penggunaan judulnya.

Optimasi Label

Penggunaan optimasi label di seo onpage juga tidak kalah pentingnya dari heading, karena label akan memperkuat keyword yang dimiliki artikel tersebut. Sehingga penggunaan optimasi label untuk SEO Onpage ini berpeluang lebih besar dilirik search engine untuk ditampilkan pada halaman pencarian.

Optimasi Artikel Blog

Inti dari optimasi seo onpage kita adalah artikel, meskipun semua optimasi diatas sudah kita lakukan namun artikel yang kita buat tidak memiliki isi yang berkualitas maka percuma. Artikel ini adalah inti dari blog, maka jika artikel yang dibuat berkualitas maka berkualitas pula blog tersebut.

Disini tidak memberikan patokan seberatap kata artikel yang kawan buat namun pada berkualitas adalah penempatan keyword, dan susunan kata sangat enak dibaca. Namun, jika kawan inginmembuat artikel yang lebih dari 1000 kata lebih bagus lagi.

Sekian artikel Belajar SEO tentang cara optimasi SEO Onpage diblogger, semoga dengan optimasi yang dilakukan pada Onpage dapat meningkat traffik blog kita. Jangan lupa untuk membagikan artikel optimasi blogger ini kepada teman-teman lainnya. Salam dan Terima Kasih.

Recent Tags:

Belajar Cara Optimasi SEO Onpage Untuk Blogger | Andi Mariadi | 4.5

Leave a Reply