Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Rusak

Keyboard merupakan sebuah alat penting dalam sebuah komponen komputer atau laptop, yang mana keyboard mempunyai fungsi penting dalam software agar kita bisa menuliskan sesuatu didalam komputer atau laptop.

Baca Juga :

Belajar Bootstrap – Membuat Website Responsive
Belajar Cara Optimasi SEO Onpage Untuk Blogger

Tetapi pada kenyataanya kerusakan keyboard pada laptop tidak bisa dihindarkan, terlebih jika saat laptop sangat diperlukan entah karena apa keyboard tiba-tiba saja rusak. Sangat menyakitkan. Dari maka itulah pemula belajar ingin membagikan sebuah tips cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Rusak

Bagi sebagian orang untuk memperbaiki keyboard laptop yang rusak mungkin adalah hal yang mudah tapi lain halnya dengan orang yang masih awam dengan dunia per komputeran pasti akan kebingungan jika hardware ini sampai rusak. Dari maka itulah kawan dapat simak beberapa tips untuk mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi.

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Rusak

Pergi ke tukang service mungkin bukan sebuah solusi yang tepat jika sebelumnya kawan belum memastikan apakah keyboard harus diganti atau sekedar ada debu kecil yang menghambat kinerja keyboard laptop itu sendiri. Sebelum kawan pergi ke tukang service ada baiknya membaca sejenak sebuah tips cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak. Berikut hal yang dapat kawan lakukan.

1. Lihat masalah

Sebelum memutuskan perbaikan apa yang akan dilakukan, maka pastikan dulu masalah apa yang dialami keyboard sehingga tidak berfungsi dengan semestinya. Untuk melihat masalah apa yang dialami sebuah laptop kawan dapat membuka software notepad setelah itu tekan semua tombol yang ada, apabila semua tombol tidak merespon maka dapat dipastikan hardware atau software laptop bermasalah, jika terjadi demikian maka kawan dapat menyerahkan ke ahlinya.

2. Membersihkan tombol keyboard

Apabila kerusakan yang dialami keyboard laptop hanya beberapa saja, maka kawan dapat membersihkan tombol dengan sebuah kain serat yang dibasahkan sedikit atau dengan alat pembersih lainnya yang dapat menyentuh semua bagian yang ada didalam keyboard. Jika cara memperbaiki keyboard dengan membersihkan permukaannya saja masih tidak berfungsi kawan bisa membongkar keyboard tersebut lalu membersihkannya tapi ingat harus berhati-hati dalam melakukannya supaya tidak terjadi kerusakan lebih parah lagi.

3. Memperbaiki tombol keyboard

Dalam tahap ini kawan harus melakukannya dengan bantuan gunting kuku atau alat lainnya untuk menarik keluar tombol yang telah rusak. Kawan dapat juga menggunakan alat seperti hook kecil untuk menarik tombol secara perlahan sampai tombol telah tertarik keluar. Lalu angkat engsel plastik yang ada dibawah bagian tombol yang sudah diangkat tadi, dan bersihkan plastik tadi secara hati-hati lalu pasangkan kembali.

4. Membersihkan Sensor keyboard

Sensor keyboard merupakan sebuah hal penting dalam melakukan penggerakan yang terbentuk dari foil dengan memiliki bentuk seperti garis-garis. Untuk membersihkannya harus dengan hati-hati, disebabkan karena sensor sangat peka dan apabila mengalami kerusakan maka harus merogoh kocek lebih dalam lagi karena harus membeli yang baru.

Untuk membersihkan sensor keyboard bisa menggunakan kain serat yang kering tetapi lembut untuk menghilangkan debu dan benda yang menghalangi sensor berfungsi dengan baik. Perlu kawan ingat jangan menggunakan kain basah karena akan merusak sensor keyboard itu sendiri.

5. Pasang kembali

Setelah melakukan cara memperbaiki keyboard laptop diatas kawan dapat memasangkan kembali tombol tombol ketempat asalnya dan lakukan juga uji coba terhadapat keyboard yang telah kawan perbaiki tadi.

Apabila keyboard masih mengalami hal serupa dan tidak ada tanda-tanda bahwa tombol keyboard akan baik, maka sangat disarankan untuk membawa ke ahlinya, karena untuk menghindari kerusakan yang lebih parah lagi. Sekian artikel tentang cara memperbaiki keyboard laptop semoga dapat membantu kawan. Jangan lupa bagikan artikel ini jika membantu kawan. Terima Kasih

Recent Tags:

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Rusak | Andi Mariadi | 4.5

Leave a Reply