Kupas Tuntas Cara Memperbaiki HP Mati Total

Handphone yang disingkat HP merupakan sebuah perangkat komunikasi elektroik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun bedanya HP dapat dibawa kemana-mana. Namun bagaimana jika Handphone mengalami mati total dikarenakan tercebur di air ataupun sistem yang tiba-tiba rusak tanpa sebab apapun.

Kupas Tuntas Cara Memperbaiki HP Mati Total

Untuk kawan yang tidak ingin repot tentu cara memperbaiki hp mati total dengan bantuan service handphone yang sudah tersebar diseluruh kota. Sebenarnya langkah tersebut memang benar adanya, tetapi tidak ada salahnya untuk berusaha terlebih dahulu untuk memperbaiki handphone yang mati total tersebut.

Baca Juga :  

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Rusak
Belajar Bootstrap – Membuat Website Responsive

Pada artikel kali ini, memiliki point-point sebagai berikut agar mempermudah kawan untuk membacanya.

  • Cara memperbaiki Hp mati total kena air
  • Cara Mengatasi HP Android Mati Total
  • Cara memperbaiki touchscreen

Langsung saja kita akan membahas satu persatu point yang diatas.

1. Cara memperbaiki Hp mati total kena air

Pada dasarnya HP memang tidak bisa tersentuh dengan air dikarenakan air mengalirkan listrik ke komponen lain secara berlebihan, hal inilah yang dapat membuat hp mati total.

Untuk mengatasi ponsel yang mati akibat terkena air memang tidak bisa sembarangan, salah salah kerusakan pada ponsel kawan tambah parah, mungkin tidak bisa hidup kembali. Untuk menghindari kesalahan itu, kawan dapat membaca ulasannya seperti dibawah ini.

a. Pertolongan pertama

Apabila handphone kawan terendam kedalam air, maka secepatnya keluarkan dari air hal ini dapat mencegah air memasuki komponen dalam yang dapat memperparah kerusakan ponsel. Dalam kondisi sekarang, case ponsel dirancang untuk menahan air untuk memasuki bagian dalam, tetapi tidak bertahan dalam waktu yang lama.

b. Lepaskan Baterai

Apabila ponsel telah diangkat dari air, lepaskan dengan segera baterai untuk memutus aliran daya yang dapat menambah konsleting komponen lainnya. Hal ini dikarenakan komponen pada ponsel dapat bertahan dalam kondisi basah asalkan komponen tersebut masih dalam keadaan mati atau tidak memiliki sumber daya.

c. Lepaskan semua attribute

Lepaskan semua attribute yang ada diponsel kawan seperti kartu SIM, Memori Card dan sebagainya. Hal ini untuk mencegah kerusakan yang dapat menghilangkan data yang ada didalam. Jemur atau keringkan kartu yang sudah dilepas tadi hingga benar-benar kering, dan ingat jangan langsung dimasukkan kembali.

d. Keringkan Handphone

Ini merupakan langkah inti untuk ponsel yang terkena air. Gunakan kain atau benda apapun yang dapat menyerap air hingga ponsel benar-benar kering. Biasanya saya meletakkan ponsel di atas media beras hingga ponsel terbenam setengah lalu dijemur dibawah terik matahari (jangan pas panas-panasnya) hingga saya rasa ponsel kering dan tidak ada air lagi.

e. Cek kondisi baterai ponsel

Perlu diingat pada langkah ini handphone harus benar-benar kering sepenuhnya. Nyalakan kembali handphone kawan apabila masih belum bisa hidup, cobalah meminjam baterai temannya untuk mengecek apakah memang baterai mengalami kerusakan. Apabila meminjam baterai dapat menghidupkan handphone kawan maka cukup mengganti baterainya saja.

2. Cara Mengatasi HP Android Mati Total

Andorid yang merupakan sebuah sistem operasi yang dibesut oleh google saat ini memang sedang menjadi primadona didalam dunia smartphone, kian hari versi yang ditawarkan android meningkat agar memanjakan penggunanya.

Tetapi dengan kian tertambahkan smartphone tak lantas membuat handphone yang merupakan barang eletronik itu tahan dari kerusakan atau mati total. Ini disebabkan oleh ketahanan komponen tidak diiringi dengan versi sistem operasi yang dikeluarkan.

Tapi pengguna tidak perlu khawatir karena pada artikel ini kita akan mencoba membahas bagaimana cara memperbaiki hp android yang mati total, simak ulasan lengkapnya berikut berikut.

a. Cara sederhana pertolongan HP mati total

Kita mulai dari langkah sederhananya dulu, bagaimana agar android yang mati total dapat dihidupkan kembali.

  • Lepaskan semua komponen lepas pasang, seperti SIM Card, Memori Card, Baterai, dan benda yang dapat dilepas lainnya.
  • Diamkan beberapa menit, lalu coba hidupkan hanya menggunakan batterai saja tanpa komponen lepas pasang tadi.
  • Apabila bila Android dapat menyala, lakukan flashing dengan CWM (Bisa cek digoogle).
  • Setelah melakukan flashing, matikan handphone kawan lalu pasang semua komponen lepas pasang tadi.

Apabila pada langkah pertama tidak membuahkan hasil, kawan dapat mencoba cara kedua.

b. Menggunakan bantuan sumber daya.

Pada cara kedua ini kita membutuhkan pihak ketiga, yaitu komputer untuk melakukan flashing frimware android kawan.

  • Lepaskan semua komponen seperti baterai, sim card, dan memori card yang ada pada android kawan.
  • Sambungkan hp android dengan komputer menggunakan usb. (Tanpa Baterai)
  • Kemudian tekan tombol power, volume atas, volume bawah, secara bersamaan hingga terdengar suara ‘beep’ pada komputer kawan.
  • Apabila tidak terdengar suara, maka lakukan cara tadi tapi dengan menahan hingga beberapa menit, hingga komputer terdengar bunyi.
  • Setelah terdengar bunyi, lepaskan hp dari usb, lalu pasangkan kembali attribute yang lepas tadi, lalu nyalakan.
  • Apabila HP dapat menyala, lakukan flashing.

Jika pada cara kedua masih tidak berhasil mengatasi android mati total, maka kawan lakukan langkah ketiga yang merupakan langkah terakhir.

c. Menggunakan One Click Unbrick

Masih sama menggunakan media Komputer untuk mengatasi hp android yang mati total.

  • Pastikan PC kawan sudah terinstall java untuk menjalankan aplikasi one click unbrick ini.
  • Download one click unbrick (bisa cari digoogle).
  • Sambungkan hp android kawan dengan komputer menggunakan USB. (pastikan driver usb terpasang)
  • Buka software one click unbrick, kemudian klik “unsoft brick” pada software tersebut, tunggu hingga hingga pesan error muncul dan pilihlah opsi “Resolution Center”.
  • Kemudian klik menu “extract current folder” pada bagian folder heimdall. Setelah itu copy file “one click loader” dan juga “One click unbrick” yang sudah didownload pada folder heimdall.
  • Lalu jalankan software “one click loader” menggunakan pengguna administrator dengan cara klik kanan pada “One click loader”. Kemudian kawan pilih menu “unsoft brick”, maka secara otomatis pesan error akan muncul kembali dan biarkan saja.
  • Restart komputer kawan.
  • Selanjutnya adalah lepaskan USB, serta lepaskan juga komponen lepasa pasang selain baterai.
  • Jangan terburu-buru menghidupkan android kawan, kita harus masuk ke mode download terlebih dahulu dengan menekan tombol home + volume bawah + power secara bersamaan.
  • Apabila android kawan bisa masuk ke mode download, selamat. Artinya langkah terakhir hanya melakukan flashing saja. Untuk ini kawan bisa melihat tutorial flashing hp android di google.

3. Cara memperbaiki touchscreen

Pada zaman sekarang ponsel memiliki fitur touchscreen atau layar sentuh untuk melakukan interaksi terhadap penggunanya. Ini akan mempermudah interaksi dan akselerasi yang cepat oleh handphone.

Tapi diluar itu semua yang namanya barang elektronik lama kelamaan akan menjadi usang dan kecepatan interaksi berkurang, terlebih lagi pada handphone yang memiliki touchscreen, resiko akan kerusakan bertambah.

Setelah memperbaiki handphone kena air, bisa saja touchscreen menjadi kurang responsif maka ini akan memaksa kita untuk menggantinya. Sekarang kita coba belajar cara memperbaiki touchscreen handphone.

a. Cara sederhana

Sebelum kawan menebak apakah touchscreen ini rusak atau hanya “kelelahan” saja, ada baiknya melakukan langkah berikut terlebih dahulu.

  1. Jika touchscreen handphone sudah mulai memberikan sinyal tidak peka lagi apabila disentuh maka kawan dapat melakukan dengan segera mematikan handphone, cabut baterai handphone, dan semua perangkat tambahan pada handphone.
  2. Kemudian dinyalakan kembali smartphone lakukan testing lagi layar sentuhnya. Apakah kendalanya masih sama atau sudah seperti sedia kala.

Apabila setelah melakukan cara diatas touchscreen masih tidak merespon kawan dapat melakukan cara memperbaiki touchscreen seperti berikut. Untuk melakukan cara ini, kawan harus memiliki keberanian untuk membongkar handphonenya.

b. Mengganti touchscreen

  • Buka penutup smartphone dan semua casing yang dimiliki handphone, kemudian lepas bagian case hp kawan dari mesinnya.
  • Pada saat kawan melepas mesin dari casenya maka akan terlihat layar touchscreen yang tebal terdiri bagian atas dan bagian dalamnya.
  • Bagian atas touchscreen yang berfungsi untuk bidang sentuh pada handphone, dan bagian inilah yang sering terjadi kerusakan. Segera ganti layar touchscreen bagian atas tersebut dengan yang baru.
  • Saat mengganti bagian atas tidak boleh langsung mencabutnya dan langsung diganti. Apabila itu dilakukan maka mengakibatkan kerusakan pada layar lebih parah lagi. Hal ini dikarenakan pada layar tersambung kabel fleksibel LCD secara permanen.
  • Maka dari itu sebelum kawan melepas bagian tersebut, kawan harus menggunakan solder untuk membukanya. Ini harus dilakukan secara hati-hati karena kabel fleksibel sangat tipis.
  • Setelah layar touchscreen tadi berhasil dilepas, maka ganti dengan layar touchscreen yang baru, biasanya harga layar baru sekitar 150 – 300 ribu tergantung tipe layarnya.
  • Pasangkan kembali touchscreen yang baru tadi dengan hati-hati. Jangan lupa untuk menyambungkan kabel fleksibel secara hati-hati dengan solder.
  • Selesai pemasangan, lakukan testing dengan cara memasangkan baterai lalu menyalakannya. Apabila bisa menyala dengan baik maka pasangkan kembali casing dan bagian yang dilepas adi secara sedia kala.

Sekian artikel tips cara memperbaiki hp mati total, semoga setelah membaca artikel ini, Hp kawan yang mengalaminya dapat menyala seperti sedia kala lagi. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini. Terima Kasih.

Recent Tags:

Kupas Tuntas Cara Memperbaiki HP Mati Total | Andi Mariadi | 4.5

Leave a Reply