Cara Manipulasi URL Dengan Htaccess Rewrite

Didalam pengembangan website sebuah URL memang memiliki pengaruh besar terhadap website yang akan diakses. Oleh karena itu seorang programers akan me-manipulasi url untuk menghindari url asli dari pada pengguna sql injection. Selain itu juga untuk mengubah url menjadi SEO Friendly dihadapan mesin pencari.

Jika Anda lebih mendalami dunia SEO maka Anda pasti akan memikirkan bagaimana sebuah keyword dapat diletakkan kedalam url setiap artikel. Untuk mengatasi itu Anda dapat menggunakan htaccess rewrite untuk mengubah url menjadi seo friendly.

Cara Manipulasi URL Dengan Htaccess

Cara Manipulasi URL Dengan Htaccess Rewrite
url htaccess rewrite

Untuk menggunakan htaccess Anda harus membuatnya didalam root cpanel dengan nama .htaccess (ingat pakai titik). Jika menggunakan localhost letakkan di dalam folder htdoc>namafolder, pada artikel ini menggunakan localhost, Anda bisa menyesuaikan jika sudah menggunakan hosting.

Baca Juga :

Aplikasi Firewall Terbaik Untuk Windows Gratis
Kumpulan Situs Download Lagu Gratis dan Legal

Baiklah, sekarang kita coba praktek cara menggunakan .htaccess untuk memanipulasi url didalam sebuah website. Dicontoh ini saya menggunakan localhost xampp dan dengan nama “pemulabelajar” :

Contoh URL htaccess sederhana

Kita coba dari mulai langkah sederhana, saya anggap Anda sudah memiliki file dengan nama index.php dan kita coba merubah url index.php menjadi home. Contohnya localhost/pemulabelajar/index.php ingin dijadikan localhost/pemulabelajar/home, maka kita buat .htaccess menjadi seperti dibawah ini.

Contoh sederhana
RewriteEngine On
RewriteRule ^home$ /pemulabelajar/index.php

Dikarenakan kita masih menggunakan localhost maka kita harus menulis nama foldernya didalam .htaccess namun jika Anda sudah menggunakan hosting tidak perlu lagi menggunakan nama folder. Hasil dari url htaccess rewrite diatas adalah seperti dibawah ini.

Cara Manipulasi URL Dengan Htaccess Rewrite
sebelum menggunakan htaccess
Cara Manipulasi URL Dengan Htaccess Rewrite
menggunakan htaccess

Contoh URL htaccess get

Cukup mudah buka dalam memanipulasi url dengan htaccess. Sekarang, kita coba merubah url yang menggunakan metode get, misalnya saja linknya seperti localhost/pemulabelajar/metode.php?user=Admin kita ubah menjadi localhost/pemulabelajar/Admin, maka .htaccess menjadi seperti dibawah ini.

Contoh GET
RewriteEngine On
RewriteRule ^([^/.]+)$ /pemulabelajar/metode.php?user=$1

Kita coba contoh lain dalam hal ini kita membuat sebuah produk dengan id dan kita berikan keyword yang terdapat di url yang kita akses. Misalnya urlnya adalah localhost/pemulabelajar/produk.php?id=1 maka kita coba ubah menjadi localhost/pemulabelajar/1/samphoo.html maka htaccessnya adalah :

Contoh Produk
RewriteEngine On
RewriteRule ^([^/.]+)/([^/.]+).html$ /pemulabelajar/produk.php?id=$1

Redirect halaman error dengan htaccess

Sekarang bagaimana membuat halaman error / tidak bisa diakses dapat dialihkan ke halaman index.php. Berikut script .htaccessnya.

Contoh Halaman Error
Options -Indexes
ErrorDocument 402 /pemulabelajar/index.php
ErrorDocument 403 /pemulabelajar/index.php
ErrorDocument 404 /pemulabelajar/index.php
ErrorDocument 500 /pemulabelajar/index.php

Anda dapat melakukan modifikasi terhadap .htaccess ini, agar sesuai dengan URL yang dikehendaki. Untuk contoh source codenya bisa di download htaccess.

Sekian artikel Cara Manipulasi URL Dengan Htaccess Rewrite, semoga dapat bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa share artikel ini, terima kasih.

Recent Tags:

Cara Manipulasi URL Dengan Htaccess Rewrite | Andi Mariadi | 4.5

Leave a Reply