Cara Mengatasi Sayangnya BBM Telah Berhenti Di Android

Sayangnya BBM telah berhenti seperti itulah kira-kira sebuah pesan yang didapatkan pengguna Android belakangan ini. Tentu hal seperti itu lazim ditemukan pada Android, apalagi android dengan versi lawas sangat susah untuk menyesuaikan dengan API aplikasi android yang tiap tahun meningkatkan versinya.

Sayangnya BBM Telah Berhenti
Sayangnya BBM Telah Berhenti

Tidak hanya Blacberry Messenger (BBM) yang bisa terhenti tetapi aplikasi serupa pun bisa terhenti saat kita memainkannya. Masalah seperti ini bisa disebabkan oleh versi aplikasi atau frimeware smartphone kawan yang tidak mendukung, atau kemungkinan terburuknya adalah hardware sudah lemah (kemungkinan 0, 5%).

Dari penjelasan diatas maka timbul sebuah pertanyaan bagaimana cara mengatasi bbm terhenti, kita tidak bisa hanya dengan membaca saja tanpa melakukan action dalam kasus ini trial dan error. Berikut cara mengatasi sayangnya bbm telah terhenti :

Solusi mengatasi sayangnya BBM telah terhenti

Sebelumnya perlu kawan ketahui, bahwa sebelum memulai tips ini perlu diperhatikan terlebih dahulu point dibawah ini :

  • Kawan sudah mencoba mem-force close atau paksa berhenti pada aplikasi bbm (Setting > aplikasi > bbm > force close)
  • Kawan sudah mencoba membersihkan data sampah dengan clean master atau aplikasi sejenisnya.
  • Sudah memeriksa memori internal, atau sudah menghapus aplikasi tidak perlu hingga ada ruang bebas pada memori internel.

Jika semua point diatas sudah kawan coba maka langkah selanjutnya adalah mencoba cara lain untuk mengatasi bbm terhenti, berikut tipsnya :

1. Mulai ulang / reboot smartphone

Smartphone juga harus dimatikan, hal ini didasari dengan studi kasus yang dialami bahwa dalam 7 hari saja smartphone tidak dimatikan maka sistem akan terasa lambat, anggaplah “mereka” seperti manusia.

2. Clear cache bbm

Jika cara diatas tidak berhasil maka kawan bisa mencoba dengan menghapus cache pada aplikasi android, cache sendiri bisa mengakibatkan bbm terhenti karena banyaknya sampah yang dibuatnya.

3. Clear Data BBM

Mungkin clear cache tidak bisa mengatasi bbm yang terhenti, tapi setidaknya kita mencoba cara berikut ini dengan menghapus data bbm yang ada di pengaturan > aplikasi > bbm hal ini untuk menghapus semua data pada directory bbm yang ada pada internal memori smartphone kita.

4. Uninstall dan Install ulang BBM

Sebuah aplikasi mungkin saja dapat usang karena, karena itu kita harus menghapus lalu menginstallnya kembali untuk mendapatkan aplikasi yang serupa namun tidak sama, atau juga aplikasi yang akan kita download sudah diperbaiki oleh pihak developers. Namun sebelum kawan menggunakan cara ini, pastikan kawan sudah meng clear data bbm agar semua data dapat dihapus dan diganti dengan yang baru.

5. Install versi lawas BBM

Kemungkinan sebuah frimware smartphone kawan tidak didukung dengan peningkatan versi BBM, karena itu BBM sering terhenti karena data sudah tidak bisa menyesuaikan dengan kondisi frimware lama smartphone kawan. Hal yang dapat kawan lakukan adalah dengan mengunduh aplikasi versi lama di google atau meningkatkan frimware kawan.

6. Factory Reset

Cara ini mungkin agak sedikit ekstrem karena kita harus mengorbankan semua data internal smartphone kita dihapus untuk membersihkan sampah-sampah yang bisa membuat aplikasi terhenti. Kawan bisa mencobanya jika ke 5 cara diatas tidak berhasil.

Apabila semua cara diatas sudah dipraktekkan dan masih belum berhasil mungkin kesalahan pada hardware HP kawan, biasanya MMC sudah mulai corrupt sehingga tidak bisa menggunakan aplikasi yang ada dismartphone kawan.

Sekian artikel Cara Mengatasi Sayangnya BBM Telah Berhenti dan jangan lupa share artikel ini apabila bermanfaat. Terima kasih.

Recent Tags:

Cara Mengatasi Sayangnya BBM Telah Berhenti Di Android | Andi Mariadi | 4.5

Leave a Reply